Meriahnya Belakang Padang Pada Malam Takbiran Dengan Bermacam Lomba

160

NajwaNews.com, Batam – Dalam menyambut Hari kemenangan Idul Fitri 1439 H / 2018 M, Masyarakat Belakang Padang berbondong menyaksikan acara Lomba Astaka dan Takbir keliling, Kamis, (14/06/2018).

Kegiatan ini dihadiri, Kapolsek Belakang Padang, AKP Ulil Rahim S.Kom yang juga sebagai Dewan Juri Lampu Hias, Perwakilan Kecamatan Belakang Padang dan Tokoh Masyarakat dan Pemuda serta tamu undangan lainnya.

Kapolsek Belakang Padang mengapresiasi kegiatan ini, dia mengatakan, pada bulan Ramadhan tahun ini, di Belakang Padang di meriahkan dengan perlombaan yang puncaknya pada malam takbiran.

“Kegiatan perlombaan ini terlaksana baik berkat kerja sama Uspika, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda belakang padang yang bahu membahu hingga acara ini sukses dilaksanakan,” ujar Ulil Rahim.

Ulil Rahim juga menyampaikan, Dalam rangka memeriahkan  bulan suci ramadhan dan menyambut hari Bhayangkara ke-72

Lomba yang di adakan sebagai berikut :

1. Lomba Lampu Hias Ramadhan Ceria.

Lampu hias merupakan tradisi dari masyarakat Belakang Padang yang di pasang pada awal bulan Ramadhan sampai hari Raya Idul Fitri.

“Untuk menjaga tradisi tersebut dapat terlaksana dan lebih meriah setiap tahunnya, Polsek Belakang Padang bersama Tokoh Masyarakat mengadakan perlombaan Lampu hias antar kampung di belakang Padang, pesertapun cukup banyak dan antusias yaitu 13 Peserta,” ungkap Kapolsek.

Adapun kriteria penilaian lomba lampu Hias Ramadhan ceria ini antara lain :

1.Tema atau konsep

2. Kreatifitas

3. Nilai Seni

4. Keunikan

5. Kemeriahan

6. kerapian

Dewan Juri yang yang menilai lomba Lampu Hias ini yaitu :

1. Kapolsek Belakang Padang AKP Ulil Rahim S.Kom.

2. Ibu Ketua Bhayangkari Ranting Belakang Padang, Ny.Sefti Ulil Rahim.

3. Ipda Kirman, Kanit Binmas Polsek Belakang Padang.

4. Kontributor metro tv kepri , Sdr Bagas

5.Kontributor Net Tv Sdr Petrus.

2. Lomba Pawai Astaka

Pawai Astaka juga merupakan kegiatan tahunan yang di laksanakan di Belakang Padang, yang pesertanya merupakan dari jamaah Mushala dan Masjid yang ada di Belakang Padang.

“Pada kali ini terdapat 11 Peserta yang mengikuti, penilaian dilakukan pada saat dilaksanakan pawai dengan kriteria yang sudah ditentukan,” kata Ulil Rahim.

3.Lomba Takbir Pentas

Lomba ini juga merupakan kegiatan turun temurun di Belakang Padang, yang diikuti juga oleh jamaah Mushala dan Mesjid di Belakang Padang yang terdiri dari 12 Peserta.

“Pada tahun ini lebih banyak peserta di bandingkan tahun lalu yang hanya 8 peserta saja,” Sambung Ulil Rahim.

Dalam Lomba ini banyak melibatkan personil, terdiri dari Anak-anak dan remaja, 1 Team peserta lomba takbir pentas dengan jumlah lebih dari 50 personil yang terdiri dari pemain alat musik dan kafilah, diperkirakan peserta untuk takbir pentas ini mencapai 600 orang, untuk kegiatan ini sdh di persiapkan di awal awal bulan ramadhan.

Pemenang Lomba pada acara ini adalah sebagai berikut

Lomba Lampu Hias:

Juara 1 : Kampung Jawa Nurul Iksan

Juara 2 : Pulau Sekanak

Juara 3 : Kampung Tengah

Lomba Pawai Astaka:

Juara 1 : Masjid An Nahar

Juara 2 : Masjid At Takwa

Juara 3 : surau nurul huda

Lomba Pentas Takbiran:

Juara 1 : Masjid Jannatul Firdaus

Juara 2 : masjid Al Jihad

Juara 3 : Masjid Al Adam

Kapolsek berharap tahun depan kegiatan ini tetap terlaksana dan lebih meriah setiap tahunnya dan mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Batam.

“Kecamatan Belakang Padang harus di pertahankan tradisi yang sudah turun temurun, dan dapat dijadikan potensi wisata pada setiap bulan ramadhan,” Tutup Ulil Rahim dengan rasa bangga. (Nrl/rls)

BAGIKAN